Tiap Hari Makan Almond Bisa Melindungi Masalah Jantung!

Kamis, 26 April 2018 - 16:11 WIB
Tiap Hari Makan Almond Bisa Melindungi Masalah Jantung!
Tiap Hari Makan Almond Bisa Melindungi Masalah Jantung!
A A A
JAKARTA - Masalah jantung telah mendapat perhatian serius, setelah banyak selebritis yang meninggal secara mendadak. Yang menyedihkan, jantung bukan lagi penyakit lansia karena banyak anak muda yang juga mengalami masalah ini.

Tentu, ada faktor-faktor tertentu yang menjadi pemicunya. Lalu, bagaimana cara mencegahnya?

Seperti dilansir Times Of India, Dr Soumik Kalita mengatakan orang India memiliki risiko lebih tinggi atas penyakit jantung. Ini karena susunan genetik mereka dan ini telah didokumentasikan dalam beberapa studi epidemiologi. Hal itu diungkap pada laporannya yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients tentang nutrisi India dan kesehatan jantung.

"Banyak penelitian telah dilakukan untuk memahami peran yang dapat dimainkan almond dalam pencegahan penyakit jantung. Karena ini adalah fakta yang sudah terbukti bahwa kacang almond memainkan peran penting, kami memutuskan untuk melakukan penelitian sekunder dan mempelajari lebih dari 1500 penelitian,” kata Dr Kalita.

Hasilnya, almond membantu mengendalikan dislipidemia, suatu kondisi peningkatan kolesterol dalam darah, tanpa menurunkan kolesterol HDL (baik).

"Saat ini, pengobatan untuk penyakit jantung bersifat terapeutik. Pasien biasanya diberikan obat-obatan dan statin yang membantu menurunkan tingkat kolesterol LDL (buruk). Namun, masalahnya adalah obat-obatan tidak tahu bagaimana membedakan antara LDL dan LDL. HDL. Jadi, ketika mereka mengurangi kolesterol jahat, mereka juga akhirnya mengurangi kolesterol HDL yang baik," terang dia.

Dr Kalita pun merekomendasikan konsumsi almond sebanyak 45 gram atau sekitar 34 hingga 35 biji, jika ingin melindungi jantung.

"Kurangnya penelitian tentang hal ini dan sulit untuk mengatakan apakah Anda harus makan kacang almond yang direndam atau kacang almond normal. Namun, saya akan mengatakan makan kacang yang tidak direndam karena kulit almond mengandung banyak vitamin E," jelasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6849 seconds (0.1#10.140)